Maaf a, Bro!

“Progressnya sampai mana?” tanya seorang tim pada teman sharingnya dalam kelas.
“Ya, itu!” singkat jawabnya. Dan kemudian keadaan kelas hening

 

Kurang lebih percakapan itulah yang kemudian Saya ingat dalam salah satu bagian kelas mata kuliah sore tadi. Pada kelas tersebut terdiri dari dua jenis peserta, yaitu teman Sharing dan Tim. Teman Sharing mempunyai tugas untuk melakukan progress aplikasi dengan tujuan untuk menciptakan sebuah informasi dari sumber data terbuka sejenis BAN-PT, situs kementrian, Maupun API dari Website. Sedangkan Tim, merupakan role pembantu untuk teman Sharing agar perjalanannya lebih mudah. Saya termasuk bagian dari Tim, jadi Saya pembantu! Dalam kelas ini digunakan mode pembelajaran sharing, dimana sekelompok mahasiswa yang telah ditentukan sebelumnya maju untuk mempresentasikan hasil analisa nya tentang suatu masalah untuk diselesaikan dengan aplikasi. Tim membantu dan mengarahkan bagaimana baiknya solusi dari pengalaman sesuai dengan pengarahan dari dosen, terkadang juga memberikan tantangan tentang kondisi di kenyataan-bukan hanya bersifat prototyping.

Mungkin dari sedikit penjelasan tersebut, Anda lebih tahu (walaupun tidak banyak) posisi saya sebagai apa. Dari sini, terdapat masalah angkatan. Tim adalah mahasiswa adalah angkatan 2011, sedangkan teman Sharing adalah angkatan 2012 dan sisanya mahasiswa mengulang semester. Karena kedekatan jarak angkatan inilah Sehingga terkadang pun juga sangat gampang ditemui keakraban antara kami(Tim) dan teman Sharing, mungkin untuk sekedar bercerita, ngobrol singkat sampai agak sedikit panjang. Topiknya pun acak mungkin dari masalah pelajaran hingga hal – hal tidak penting, mode jilbab misalnya. Percakapan ini kemudian sering terbawa kedalam kelas, sehingga buat saya hal ini mengganggu efektifitas suasana pembelajaran.

Bagaimana bisa mengganggu? Yah, bisa Anda lihat bagaimana contoh percakapan diatas tadi. Saya kira setidak-tidaknya ada jawaban
saya sekarang sampai sini dari revisi kemarin, masalahnya ada pada bagian ini. Nah, masalah tersebut sekarang masih kami kaji
Menurut saya sih seharusnya begitu, tapi entahlah. Mungkin saya kurang pinter saja memberikan pertanyaan. Buat saya sebenarnya ya tidak hanya jawaban saja masalahnya, tapi kemudian agak mengembang pada bagian:

Hilang Fokus

Focus – taken from dkalo

Fokus maksudnya adalah memperhatikan dengan seksama apa penjelasan dari teman yang sedang presentasi didepan. Karena kebanyakan teman Sharing sebenarnya memiliki masalah tidak jauh berbeda, namun belum memperhatikan dengan baik (Hilangnya fokus) menjadikan beberapa bagian berulang pada presentasi selanjutnya.

Penawaran solusi: Ya memperhatikan! Belum faham? tanya, jika nanti belum bisa jawab artinya akan menjadi ajang diskusi dalam pertemuan tersebut

Etika & Mentang-Mentang

ethics – taken from wikimedia

Iya, bagian ini benar-benar saya rasakan tidak dengan seksama. Hal ini ditandai dengan datang telat. Mengumpulkan seenaknya. Kelakuan ini biasanya dilakukan oleh teman Sharing yang lebih hebat dari Tim, Bagaimana tidak? Teman Sharing nyatanya adalah orang lebih hebat dari Tim, tapi kemudian kurang “menganggap berat” terhadap mata kuliah ini.
Tapi beruntunglah kami dengan segala ketekunan, Sedikit kekejaman, dan usaha anak sholeh. Hal ini bisa kami selesaikan dengan baik namun kurang professional. Yaitu memperlakukan segalanya sama, ndak usah ada yang hebat karena niat utamanya adalah belajar.

Tulisan ini kemudian tidak dimaksud untuk meng-generalisir bahwa seluruh teman Sharing berlaku seperti hal tadi, tapi kadang memang tidak dipungkiri bahwa penilaian orang terletak pada sesuatu yang berbeda. Dan seharusnya jika nanti ada salah satu teman Sharing membaca pos ini, dia Bangga. Bangga karena beda.

Buat Saya pribadi, segala hal yang berhubungan dengan teman kadang memang lebih sulit untuk menyelesaikan dengan baik. Ada beberapa variabel tak terdefinisikan mempengaruhi hasil penilaian, ah entahlah.

Bro, map e ndang di lumpukne. Admin tutup jam 3. *Centang dua biru*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *