Efisiensikan Fase Transaksi Barang Menggunakan Aplikasi My JNE

Dari sekian banyak cara mencukupi kebutuhan, terkadang pilihan Saya adalah melakukan transaksi online. mulai dari memilih dan memilah sampai akhirnya menemukan kebutuhan Saya, setelah itu langkah selanjutnya adalah melakukan negoisasi dengan pemilik/penjual dalam toko online tersebut, Biasanya dalam negoisasi ini ditentukan pula bagaimana kami melakukan pengiriman barang dan pengiriman biaya.

Dalam negoisasi ini muncul kesepakatan, misalnya Untuk administrasi Saya dan penjual menggunakan layanan dari pihak marketplace, dimana marketplace menjadi pihak ketiga pembawa uang sementara dalam transaksi. Sedangkan untuk pengiriman barang, Saya menggunakan jasa JNE.

Ada yang tidak biasa dalam penggunaan JNE kali ini, jika sebelumnya saya hanya menggunakan JNE lewat Websitenya. Kini JNE sudah menerbitkan aplikasi my JNE di play store. Hadirnya aplikasi my JNE di playstore ini selain memudahkan aksebilitas transaksi, tambahan beberapa fitur menarik pun juga makin meningkatkan efisiensi pengiriman barang.

Misalnya saja, Ketika Saya dan penjual telah sepakat, langkah yang saya lakukan adalah mentransfer uang kepada pihak ketiga dalam hal ini marketplace tadi. Aplikasi my JNE sebenarnya telah memuat ini didalamnya, namun karena alur dari salah satu marketplace mengharuskan setiap pembeli menjadikan pihaknya sebagai pihak ketiga, saya belum sempat menggunakan fitur ini.

My COD

my-jne-profile
Profile setelah terdaftar di my JNE

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, my COD ini adalah fitur yang saya maksudkan. my COD merupakan kependekan dari Cash On Digital. Dimana Pihak JNE menjadi pihak ketiga dalam proses transaksi. Ketika penjual dan pembeli telah menyelesaikan proses jual-beli dengan baik, barulah biaya diberikan pada penjual. Namun, tidak hanya menjadi pihak ketiga, lewat fitur ini pula pengguna dapat melakukan transaksi dengan sesama pengguna Aplikasi my JNE menggunakan virtual account(Tech In Asia). Sehingga Anda tidak perlu repot lagi mencari cari ATM terdekat untuk melakukan transfer ataupun membuka aplikasi lain.

Dalam berbeda bedanya kesepakatan antara pembeli dan pengguna, satu hal yang pasti bahwa nantinya pembeli harus dikirimi resi oleh penjual untuk memantau paket barangnya. Dalam aplikasi my JNE, aktifitas ini pun juga bisa dilakukan. Bahkan lebih canggih dan lebih baik dibanding mengakses website JNE sendiri.

Search Airway Bill

Dengan fitur ini pengguna cukup dengan menginputkan nomer resi, maka status dari transfer pengiriman barang akan ditampilkan. Bahkan jika terdaftar dalam aplikasi ini, riwayat transaksi Anda pun akan tercatat dengan baik. Selain itu, jika terlalu malas menginputkan angka resi fitur lain berupa scan barcode pun disediakan dalam aplikasi ini. Untuk melakukannya cukup dengan mengetuk ikon kamera disebelah kolom input resi maka secara otomatis aplikasi akan menampilkan laman detail tracking dari aplikasi milik Anda.

my-jne-scanning-resi
Proses scanning barcode
my-jne-tracking-detail
Input resi manual

Nah, lalu kenapa saya bilang lebih efektif daripada menggunakan web? Jika menggunakan website Anda tentu harus membuka browser terlebih dahulu kemudian melakukan input secara manual dilanjutkan dengan mengisi captcha. Sedangkan jika menggunakan Aplikasi my JNE cukup hanya dengan 3 langkah, data transaksi Anda pun akan ditampilkan.
Waktu menunggu pun sesuai dengan kesepakatan antara Anda dan penjual. Nah, di aplikasi my JNE pun fitur ini juga Ada. My Tariff namanya

My Tariff

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan kalkulasi biaya dengan mudah dan nyaman. Untuk melakukannya, inputkan wilayah asal dan tujuan, serta volume barang (mencakup tinggi, lebar, dan berat). Selain itu tampilan daftar tipe pengiriman pun juga tersedia dan update secara otomatis ketika pengguna melakukan pengubahan pada nilai inputan wilayah atau volume.

my-jne-hitung-berat
Hitung berat barang pengiriman

Jika Anda sedang berada dilokasi yang tidak Anda kenali, fitur JNE Nearby bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah Anda menemukan lokasi JNE terdekat untuk bertransaksi.

my-jne-lokasi-terdekat
Ketika disekitar rumah belum ada JNE

Ini adalah cerita saya soal Aplikasi my JNE, kamu punya cerita lain? Tinggalkan saja di komentar.

2 Replies to “Efisiensikan Fase Transaksi Barang Menggunakan Aplikasi My JNE”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *