Jadi Pilih #Ingress , #PokemonGo atau Saya?

Tulisan ini sekedar gaya-gayaan, dan mengikuti trend perkembangan mainan di sekitar Saya. Jadi awalnya 2 minggu lalu, sebuah permainan baru hasil kerja keras niantic diterbitkan di playstore di luar indonesia. Namanya Pokemon Go. Saya sendiri sih dapet banyak info via grup ingress, yaitu sebuah grup tempat berkumpulnya pemain game produksi niantic pada tahun 2012 lalu.

Ingress dan Pokemon Go ini menurut Saya menggunakan teknologi yang tidak jauh berbeda, yaitu sama sama menggunakan Location dan Augmented reality. Sehingga jika Anda mulai memainkan game ini lebih baik segera membeli power bank dan kuota internet yang cukup. Selain itu jika diperlukan pun, GPU yang digunakan juga harus baik.

Pokemon Go Loading Screen
Pokemon Go Loading Screen
Ingress loading screen
Ingress loading screen

 

Kamu yang mana?

Alhamdulilah 2 game ini sudah terinstall di perangkat pribadi. Untuk Ingress sudah Saya mainkan selama hampir kurang lebih 1 tahun, sedangkan Pokemon Go sudah berjalan sejak 2 hari lalu. Terhitung ketika posting ini diterbitkan. Daripada pengguna Android lainnya, Saya telat. Kendala keterlambatan menggunakan Pokemon Go tidak lain adalah kompatibilitas perangkat yang belum di dukung oleh pengembang, biasa.. pengguna perangkat Intelx86.

Sebelum akhirnya launching versi terbaru dengan support Intel, Saya turut serta menjadi unofficial release apk haters Pokemon Go dan menandatangani petisi. Tidak hanya itu sih, sebenarnya beberapa isu untuk “Lebih baik menunggu official” telah terkumpul, namun tidak jadi terbit karena Niantic sudah melakukan update. (Saya tahu dan sadar, jika tulisan itu terbit pun nggak bakal mempengaruhi Niantic. Apalah saya receh..).

Meskipun dalam teknologi yang sama tapi game ini memiliki konsep berbeda. Namun jika boleh membandingkan (meskipun agak sedikit sulit melakukannya) Antara Pokemon Go dan Ingress, Saya lebih memilih Ingress. Hal ini karena Pokemon Go itu:

Berat

Kombinasi render, GPS, dan AR, belum sepenuhnya bisa lancar jaya di perangkat yang Saya gunakan. Meskipun Intelx86, meskipun ram-nya 2giga, meskipun hapenya nggak pati mahal. Beberapa kali ketika digunakan stuck, force close, dan tetiba mati sering terjadi. Salah satu hal paling menjengkelkan adalah pas udah nangkep pokemon, ternyata stuck. Dan dibuka lagi pokemon nya ilang.

Berbeda dengan ingress, yang lancar jaya buat war sama faction sebelah dalam even First Saturday ataupun ketika nggak sengaja ketemu dijalan-walaupun-ga-ngerti-yang-main-sebelah-mana.

Random

Yup, Pokemon ini munculnya sangat random. Sehingga jika sebelumnya sudah berpengalaman Ingress sambil nyetir (tolong jangan ditiru, sangat berbahaya) pun sambil capture atau attack bisa dilakukan, tapi hal itu agak harus mulai beradaptasi lagi. Beberapa Pokestop yang notabene adalah portal Ingress sudah saya hafal, tapi ya itu tadi Pokemon munculnya random. Selain itu tambahan tak terdeteksi kecuali dalam jarak yang cukup dekat juga cukup menambah kesulitan memainkan Pokemon Go sambil nyetir.

#GBLK
#GBLK – Movement nya ganti Pokemon sih – dari tumblrnya mas embun

Chat dan Log

2 hal ini buat saya adalah hal yang cukup lumayan membantu untuk menemukan orang lain di sekitar pengguna, maklumlah kan game ini di dunia nyata. Sehingga lewat log ini diharapkan bisa diperkirakan “teman” yang ada disekitar kita. Hal ini sebenarnya merupakan fitur yang ada di Ingress sih sebenarnya, barangkali karena saya masih belum move on dari ingress jadi memaksakan fitur ini untuk ada di Pokemon Go. Tapi penting sih, tapi juga gak tahu harus taruh dimana di UI nya. Kebayang kan semisal ada Log dan chatnya… Kali aja juga dapet jodo lewat Pokeball.

Ketik tulisan ini diterbitkan untuk ingress saya masih level 12 pada faction Resistance, dengan perolehan AP sekitar 10 jutaan. Untuk badge yang sudah Black sementara ini adalah Fielding dan Guardian, Badge yang Black ini ibarat kata sudah Notok jedhog. Secara detail juga bisa dilihat pada gambar profile saya.

Ingress Profile
Perjalanan Ingress

Sedangkan untuk Pokemon Go masih level 3 dengan perolehan XP 1950. Jika Anda install game ini, Pasti tahu kalau saya belum boleh memilih tim. Cupu hina sekaligus belum pernah memperoleh Pokemon dengan CP Ratusan.

Pokemon Go Profile
Perjalanan Pokemon

Pokemon Go ini masih baru, masih sayang-sayangnya. Jadi kalau momenya seperti ini sudah wajar sih, namanya juga masih anu.. Kalo nanti sudah jalan agak lama pasti tau deh jeleknya dimana, ada yang falsify location-lah, ada yang rame lah, ada yang mainnya terlalu serius lah. Tapi ada juga yang sampe nikah.

eh btw udah pernah coba Ingress? Coba install dan pilih Resistance(warnanya biru), kalo dirasa bingung mention @defara yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *