Main Tipis Tipis ke Pantai Wedi Koopo dan Pantai Ngopet

Mungkin sekedar info, dalam lokasi Pantai Wisata Batu Bengkung tidak hanya ada 1 pantai saja. Masih ada Pantai Wedi Koopo dan Pantai Ngopet. Sehingga dalam perjalanan kepulangan kami dari pantai baru bengkung, Kami tidak langsung pulang. Mampir tipis tipis dulu ke 2 pantai ini.

Pantai ini sebenarnya juga merupakan gugusan pantai yang ada di wilayah Malang Selatan, dimana dengan Pantai Batu Bengkung hanya dipisahkan oleh sebuah tebing saja. Pun juga antara Pantai Wedi Koopo dan Pantai Ngopet, satu tebing saja yang menjadi pemisahnya. Sebagai masyarakat awam, Saya berpendapat terdapat perbedaan sangat mencolok antara dari 3 pantai tadi. Sesuai dengan artikel sebelumnya, Batu bengkung mungkin identik dengan pesona pantai yang diliputi oleh batuan di sepanjang pantainya juga pulau yang bisa dijadikan tracking.Lain lagi dengan Pantai Wedi Koopo, pantai ini memiliki kelebihan lain. Meskipun tidak melakukan pengukuran, jika dibanding dengan kedua pantai lainnya pantai ini bisa dibilang sempit. Barang kali hal ini dikarenakan letak pantai yang diapit dua batu karang besar. Tidak hanya itu, selain diapit terdapat juga batu karang dalam bibir pantainya dimana rata-rata berupa bongkahan, yaitu berupa pecahan karang dengan bentuk tidak terlalu besar tapi tidak bisa dikatakan kecil.Pukul 3 sore saya ditempat ini, beberapa penduduk sekitar sedang mencari ikan kecil dan udang diantara bongkahan batu karang tadi. Sebenarnya kami mau bertanya, tapi mungkin lain kali karena lumayan sibuk situasi dari penduduk tersebut. Dan kami cuma bisa mengamati dari jauh.
 

Foto kiriman Alvian Burhanuddin (@elfarqy) pada

Bicara soal Soal aktifitas yang bisa dilakukan, untuk aktifitas kemping saya menyarankan Anda melakukannya ditempat ini. Situasi angin tidak terlalu berhembus kencang, menjadi dasar saya untuk menganjurkan melakukan kemping di Pantai ini. Perkiraan saya sih karena dua karang besar tadi. Namun, pantai ini masih terbilang kotor karena sampah alami dibanding dua lainnya. Saran lagi, kalau kemping dikondisikan ya segala halnya biar tidak menambahi dengan sampah lain.

Pantai Wedi Koopo
Sisi Kanan dari foto saya di Instagram
Sisi Kiri saya dari foto di Instagram


Pantai Batu Bengkung sudah, Pantai Wedi Koopo sudah, maka pantai terakhir adalah Pantai Ngopet. Dari 3 lainnya, pantai ini adalah favorit saya. Pantainya luas, sekaligus dengan pasir putihnya. Kami sampai disana ketika sore hari, kebetulan pantai sedang mengalami surut, sehingga kami pun juga bisa main hingga daerah yang biasanya tidak bisa dipermainkan dijangkau ketika pasang. Pun juga terdapat orang yang mencari ikan ditempat ini, barangkali bukan ikan tapi hewan laut lain. Hal ini saya simpulkan dari proses pencarian hanya dengan menggunakan tangan saja.

Saya tidak tahu pasti bagaimana pertumbuhan bunga karang di tempat ini, yang jelas banyak sekali karang di dekat pantai ketika surut. Anyway, dari sekian pantai yang pernah saya kunjungi. Keong laut bisa saya jumpai di tempat ini, padahal jika boleh cerita tentang sejarah hidup. Saya terakhir kali melihat keong ini di pantai balekambang ketika umur 7 thn. Semoga selalu ada campur tangan dari pihak pemerintah malang untuk menjadikan lingkungan ini eko pariwisata yang terus lestari.

Pantai Ngopet dan tebingnya
Pantai Ngopet Surut
Pasir Putih Pantai Ngopet

Agar tidak terlalu tebal mampirnya, kami pulang setelah berfoto sebentar, sampai di landmark kami menemukan bapak yang melakukan pengecatan pada landmark tersebut. Kami bertanya

“Wonten nopo pak kok di cat?”
“minggu mene iki lo mas, ate ono penanaman mangrove”

Alhamdulilah, semoga mangrove menjadi sebuah awalan yang baik untuk eko pariwisata Kab Malang. Saya bukan pecinta alam, tapi bolehkan bilang “salam lestari”? Salam Lestari!

 

25 Replies to “Main Tipis Tipis ke Pantai Wedi Koopo dan Pantai Ngopet”

  1. Pasir putih pantai ngopet layak karpet alam 😀
    Kalo pantai di tempat kami, kalo pas kepantai dalam kondisi surut begitu, kami biasanya nyari remis *semacam kerang kecil*, nyarinya memang hanya dengan mengambilnya pakai tangan. Ntara nyampe rumah bisa diolah jd sup. Sedap dan segar.

  2. Khas banget pantai-pantai selatan Jawa, termasuk Malang. Pasirnya landai dan miring gitu, sebagian berpasir putih, kadang coklat. Lalu banyak karang dan pecahannya. Saya cuma lewat aja sih kalau ke Batu Bengkung, belum pernah mampir tipis-tipis hahahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *