Sudah Pernah ke Wisata Petik Mawar di Kota Batu?

Sepengetahuan Saya, selain wisata petik buah apel sebenarnya juga terdapat petik jeruk dan petik strawberry. Saat ini saya sendiri belum pernah wisata ke kedua tempat tersebut,  Namun ada wisata petik lain yang saya temui, namanya petik bunga mawar.

wisata-petik-mawar-tanda-jalan-gumur
Keliahatan kan namanya?

Terletak di sekitar selecta, tapi untuk mencapai tempat ini pengunjung diharuskan meninggalkan jalan raya sejauh 3km. Sejujurnya saya tidak tahu menahu soal tempat ini, kecuali setelah teman mengajak jalan secara tiba tiba nyeplos kepada penunggu tiket di kebun apel ketika kami hampir pulang.

Gumur adalah nama dari lokasi petik mawar, yang baru kami tahu ketika sampai di lokasi. Ya karena memang diawal kami hanya bertanya soal kebun petik mawar tanpa menyebutkan nama. Kami sebenarnya kaget begitu sampai di tempat ini, tidak ada karcis, tidak ada penunggu parkir lah minimal, benar benar kosong momplong. Yah meskipun tempat ini sebenarnya kebun/ladang biasa, namun adanya landmark berupa mawar besar dari semen lumayan menguatkan bahwa gumur adalah tempat wisata.

wisata-petik-mawar-gerbang-landmark-mawar
Gerbang utama dan landmark nya, kusam.

Saya terpaksa nyludur masuk ke dalam lokasi kebun/ladang mawar. ya bagaimana, sudah jauh-jauh terus balik kan nggak puas toh.

Di tempat ini, selain menemukan bermacam – macam mawar, saya sempat ngobrol dengan pak tani tua. Beliau menuturkan bahwa memang tempat ini beberapa waktu ini tidak lagi aktif, entah karena apa. Namun jika berminat terhadap bunganya, bisa langsung membeli pada pengepul bunga di desa. Tidak hanya itu, beliau juga sedikit bercerita soal penanaman mawar yang awalnya dari bibit, kemudian masih harus disetek, dipupuk, dirawat dengan baik sebelum akhirnya bisa mekar dan dijual. Setangkai bunga mawar, dihargai Rp.1000,- disini.

wisata-petik-mawar-mawar-merah
Mawar merah
wisata-petik-mawar-mawar-hijau
Mawar hijau bukan putih
wisata-petik-mawar-pink-rose
semacam pink tapi cerah

Setelah cukup lama ngobrol ngalor ngidul, kami mengakhiri kunjungan tempat ini. Dengan beberapa goresan duri mawar di kaki, dan tentu saja pengetahuan soal mawar.

Sebelum pulang kami mampir ke salah satu florist di desa ini. Seperti penuturan dari pak tani, beberapa bunga mawar memang dijual Rp.1000,-, namun beberapa varietas terkadang dihargai dari 1500,- hingga 3000,- hal ini ditentukan dari panjang nya tangkai mawar. Selain itu di florist ini juga menjual beberapa rangkaian bunga warna warni, tidak hanya mawar. Harganya pun macam- macam, dari Rp.50.000, hingga ratusan ribu.

wisata-petik-mawar-pemilik
Nah, ini pemiliknya
Keren kan bunganya - gambarnya mbak
Keren kan bunganya – gambarnya temen saya

Masing-masing dari kami membeli 2 mawar dengan masa bingung memilih yang lumayan panjang. Hal ini lantaran sangat bervariasinya bunga. Tak disangka ternyata salah satu pemilik  kebun dilokasi malah sedang asik berjualan di tempat ini. Beliau menawari kami untuk kembali ke ladang memetik sesuka hati, dengan harga sesuai. Tapi karena sudah sore kami menolaknya.

Sekedar info, Untuk rangkaian bunga yang cukup besar, menurut penjual hanya 200 ribu saja udah dapet kok. Jika bingung pun katalog sudah disediakan untuk dipilih pembeli.

Sebenarnya saya juga cari bunga desanya, tapi memang belum rejeki aja kali ya. Jadi masih belum ketemu. 😀

4 Replies to “Sudah Pernah ke Wisata Petik Mawar di Kota Batu?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *