Sumbertaman, Sumber Air Untuk Renang!

Lalu apa yang diharapkan setelah selesai merampungkan laporan ilmiah? Barangkali plesir atau berkumpul bersama keluarga. Apalagi suasana liburan agak panjang di akhir minggu ini, 4 hari dalam seminggu. Lebih dari separuh minggu ini dinikmati dengan lengang di luar kantor. Tapi cuplikan itu cuma bayangan saja sih, sejujurnya Saya tidak merasakan, karena Saya masih menyelesaikan pengejaran pada seorang penguji.

Sesuai dengan perjanjian sebelumnya dengan pembimbing, pukul 11 siang harus sudah ada di gedung A untuk bertemu beliau bersama beberapa orang lain. Rencana di awal membahas tentang bagian dari tanggung jawab Saya, yang nyatanya merembet pada pembahasan wisata di sekitar lokasi rumah “eh saya kemaren dari Gondanglegi, selain sumber maron katanya ada sumber air lagi ya?” tanya pembimbing pada kami
“Iya ada, Sumber Sirah dan Sumber Taman”
“Sumber Taman?”Menurut Saya pribadi, tanya terakhir sebenarnya mengharuskan bagi Saya untuk menjelaskan lebih detil soal sumber taman.


sumbertaman-gondanglegi-sepi-ya
Sumbertaman nya rame ya?

Sumber taman merupakan salah satu kolam alami yang tercipta dari kubangan mata air. walaupun alami, tapi beberapa penjamahan dan pengelolaan sudah berusaha menciptakannya menjadi lebih baik. Iya beberapa bagian sudah diadakan misalnya: Pagar pembatas kolam dari jalan, prosotan untuk anak-anak dalam kolam, batasan antara kolam yang dalam dan dangkal dan lain sebagainya, kurang lebih sudah dibangun sejak 2 tahun terakhir ini. 

Lokasi sumber taman ini terletak di kecamatan pagelaran, sebenarnya lebih dekat ke pusat kota kecamatan Gondanglegi sih daripada ke pusat kota kecamatan Pagelarannya. karena lokasi nya berada di perbatasan dan agak masuk ke dalam pedesaan. Bagi yang menggunakan kendaraan umum harap diharuskan beberapa kali mengganti/transfer kendaraan dan mau sedikit repot untuk mengaksesnya. Misalkan terhitung di awal perjalanan adalah kota Malang, maka gunakan angkot untuk sampai di Gondanglegi. Begitu sampai di Gondanglegi, berganti angkot ke arah Kepanjen. Bilang saja untuk berhenti di arah Sumber Taman. Otomatis anda akan dihentikan di depan gang, lalu pilih lah ojek untuk sampai di lokasi.

Bagi Saya, bagaimanapun sumber taman adalah tempat rekreasi asik. tempat ini sudah ada dari saya kecil, dari yang semula tidak terkenal, terkenal, hitz, lalu saat ini sepi lagi. dari yang semula bersih, agak kotor, kotor banget, dan wajar saja(kalau menjadi seperti saat ini). Kalau yang dicari adalah underwater photo jelas sangat salah kesini, bagaimana pun foto underwater yang baik ada di sumber sirah. Untuk makan sempol dan menikmati tubing? Ini bukan tempat untuk melakukan kedua hal itu, yang tepat cobalah main ke sumber maron.

sumbertaman-gondanglegi-pemandangan-kolam
Abaikan sampiran
sumbertaman-gondanglegi-jernih-air
kejernihan air, kelihatan sampai dasar



Lalu apa istimewanya Sumber Taman? Keluasan kolam barangkali yang ditawarkan. Saya belajar renang dari kolam alami ini, jauh sebelum peradaban waterpark dan waterboom ada. Bagaimana tidak belajar renang, kalau nggak bisa renang secara otomatis bakal tenggelam. Hal ini lantaran Saya ngga puas di kolam bagian anak kecil, Secara di kolam sumber taman daerah yang disediakan untuk anak kecil terhitung sempit, proses pelebaran bisa dilakukan sebenarnya tapi cukup menyulitkan. Hal ini dikarenakan untuk anak-anak terbentuk dari tanah yang mengeras secara alami. Walhasil jadilah Saya dan teman-teman adalah anak kecil pecicilan waktu itu.

sumbertaman-gondanglegi-curug-kecil
grujukan air, kalo besar namanya grojogan
sumbertaman-gondanglegi-sinar-matahari
kayak hutan, padahal bukan

Luas dari kolam alami ini secara persis belum Saya ketahui karena belum pernah mengukur. Tapi, jika renang 2 lap bolak-balik saya sudah capek. 2 lap itu dilakukan pas udah gede, bukan pas kecil lho ya. Bagi yang nggak bisa berenang bisa menggunakan penyewaan ban, dibandrol mulai Rp.3000,- hingga Rp.5000,-. mulai dari ban dalam truk biasa hingga ban dalam truk yang lumayan besar cukup untuk 3-4 orang dewasa, yang jelas bukan ban dalam big foot. Untuk karcis sendiri, mungkin sekitar 2000 kalau tidak salah, maklumlah untuk akses ke dalam taman ini saya ngga pernah bayar. Sejak jaman kecil dulu kala.


Jawaban tadi adalah penjelasan pada pembimbing, pada beliau sudah terlihat ada gambaran. kalau dengan Anda apakah sudah ada?

Anyway ketika selesai menjawab, saya lekas berkemas untuk menghadap penguji. berlari dari satu gedung lantai 4 menuju gedung lantai 3 lalu berpindah lagi ke gedung lantai 3 juga dalam waktu 15 menit menggunakan tangga. Nyatanya yang ketinggalan kereta, ya ketinggalan kereta. 🙂

7 Replies to “Sumbertaman, Sumber Air Untuk Renang!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *